Kamen Rider Drive Series Review

Sebenarnya mau digabung, cuman kebanyakan. Jadi dipisah deh, ngohehehe :v


DISCLAIMER! SPOILER ALERT!
######

Story :

Pada kemunculan awal, Drive adalah rider elit. Dimana para senpai yang lain berpanas-panasan naik motor, dia enak-enakan dengan mobil. Publik menganggapnya melenceng kelewat jauh (karena konsep dasar Kamen Rider sudah banyak yang melenceng), ditambah lagi dengan kostum absurd, ban menyilang di dada. Membuat beberapa orang pensi sejenak menonton Kamen Rider yang satu ini. Namun tidak dengan ane, karena ane orangnya penasaran, terlebih lagi ini konsepnya Rider High-Tech.

Awal cerita yang dimulai dari Tomari Shinnosuke menjadi Kamen Rider Drive, karena tak mau ada yang tersakiti lagi seperti rekannya, Hayase Eri yang harus menepi menjadi polisi karena luka parah sehabis malam Global Freeze. Bersama Unit Tindak Khusus, atau Unit Tokujo yang diisi oleh orang-orang sableng (Kapten yang hobi baca ramalan, ilmuawan dengan temuan aneh-aneh, ahli komputer otaku, Letnan divisi satu yang lebih lucu dari badut ancol, dan Polwan yang tak pernah tersenyum), Shinnosuke memimpin perlawanan melawan 108 Roidmude yang dikomandani Heart, Brain, dan sang eksekutor "Mashin Chaser" Chase.

Pada mulanya, cerita datar sekali. Hanya menghabisi satu Roidmude per dua episode. Standar Kamen Rider. Namun penonton mulai penasaran ketika Chase bimbang terhadap dirinya (yang ternyata dicuci otak, dulunya Proto-Drive) dan makin penasara ketika bonusan film perang gas pol (baca: Movie War Full Throttle) yang menghadirkan Kamen Rider Proto Drive dengan suara Chase.

Cerita maskin asoy ketika second Rider, Go Shijima (yang merupakan adik Kiriko) muncul dan membawa aura baru. Disisi musuh, Heart dan kawan-kawan berhasil membangkitkan Medic, si Roidmude penyembuh yang hobinya goyang dumang. Makin asoy lagi, ketika Chase tahu, dia dulunya Kamen Rider dan dicuci otak. Disisi musuh, ternyata Medic dipersiapkan untuk menjaga-jaga hal itu terjadi, dan kemudian mereset ingatan Chase lagi. Disisi hero, Shinnosuke dan kawan-kawan percaya, bahwa Chase masih bisa taubat  nasuha, namun Go menghalangi dengan alasan Roidmude tetaplah Roidmude.

Karena dimanipulasi, maka terjadilah duel Drive dan Mashin Chaser, yang dimenangkan Drive, tentunya (ya iyalah! lu kate ini pelem india? jagoan kalah duluan? :v). Dan cerita memasuki babak baru, terungkapnya misteri pembunuhan ayah Shinnosuke, Super Evolution Roidmude, dan pencipta Roidmude adalah bapak si Go, Banno Tenjurou.

Kejadian mengejutkan, Chase yang kehilangan arah setelah kalah, memilih jalan terang benderang lagi dan menjadi Kamen Rider Chaser. Sempat modar, Shinnosuke bangkit lagi dan mengalahkan Super Evolution Freeze Roidmude, dengan anggapan kasus ayahnya dia selesai. Namun ternyata tidak.

Brain feat Nira mempermainkan Shinnosuke. Go versus Chase. Banno Tenjuro muncul. Brain Super Evolution, tapi Nira kalah. Heart Super Evolution dan muncul aslinya Banno yang ingin menjadi pemimping Roidmude untuk melakukan Global Freeze kedua, dan memenuhi "Jumlah Terjanji."

Muncul Gold Drive mengkudeta Heart. Brain lari demi kegagal rencana Banno. Chase dapat SIM (oke, ini gak penting :v) dan pada akhirnya Brain mati demi menghalangi Medic untuk dikorbankan Sigma Circular.

Roidmude + Rider versus Gold Drive adalah penutup pertarungan di seri ini. Sayang sekali, Chase harus gugur, dan juga Medic. Gold Drive takluk ditangan anaknya sendiri dan Sigma Circular berhasil dibereskan Heart dan Shinnosuke sebelum penomoran Global Freeze kedua selesai.

Cerita berakhir ketika pukul-pukulan Shinnosuke dan Heart, yang menyebabkan Heart gugur dan mengakui sebagai teman manusianya yang pertama.

Siklus cerita naik-turun yang baik menuruk ane, walau tak semantab Gaim.

Cast and Character :

Mantab! Itu aja yang bisa ane katakan. Cast Drive tidak kebanyakan, tapi punya peran dan andil masing-masing.

Ryouma Takeuchi yang berperan sebagai Tomari Shinnosuke sukses membuat karakter yang heroik sekali. Dari seorang yang pemalas, menjadi polisi yang hebat.

Rio Uchida yang memerankan Shijima Kiriko, dari seorang polwan yang tadinya sedingin es batu, menjadi seorang yang sangat manis namun tetap mempertahankan kesan tegas sebagai polisi. (ane ketagihan senyum mbak Rio :*)

Yu Inaba sebagai adik Kiriko, Go, mampu membuat kesan yang sangat kuat. Hiper aktif dan pantang menyerah, namun keras kepalanya adalah yang paling ane ingat.

Unit Tokujo juga mempunyai andil besar sekali. Kapten Honganji dan Letnan Gen yang sangat nyeleneh, bisa sangat serius dan tak menimbulkan tawa. Kisah Prof Rinna dan persahabatan dengan Roidmude oleh Kyuu juga sangat menarik. Tak ketinggalan, Hayase yang sepanjang cerita hanya beberapa kali muncul, di saat terakhir menjadi penyelamat tim.

Trio Roidmude juga lumayan. Heart, sebagai pemimpin yang arif, sekalipun Chase menyebrang dari sisi gelap, dia tetap menerima. Dan mau bekerja sama dengan Drive, untuk tujuan bersama. Brain, yang pada awalnya bisa dibilang melakukan segala manuver licik (telebih lagi setelah duet dengan Nira), malah gugur dengan sangat terhormat, mengorbankan dirinya untuk Medic yang sehari-hari ngebully si tukang lawak nomor tiga ini. Medic juga karakter yang menarik, mencoba segala cara menjadi pendamping Heart, malah gugur mengorbankan diri untuk Shinnosuke agar bisa membantu Heart.

Villain yang lain juga bagus, catatan khusus untuk Makage Soichi, yang tak muncul duluan. Kalau iya, pasti akan menambah intrik cerita Drive, walau tak langsung membongkar peristiwa ayah Shinnosuke.

Ada yang ketinggalan? Yep. Apresiasi khusus untuk Taiko Katono alias Chase! Awalnya sebagai musuh yang dingin dan menghabisi tanpa ampun. Berubah menjadi Rider yang tetap dingin, dan tetap pada jalan kebenaran. Aksi memahami perasaan manusia yang selalu mengundang tawa ane, serta romansa anehnya kepada Kiriko (bahkan nangispun tanpa ekspresi :v), Chase layak diberi tempat kararkter terbaik kedua di cast Kamen Rider Drive.

Misc :

Menabrakkan konsep awal yang mana rider (utama) harus menunggagi motor, tidak menarik pada awalnya. Namun, ane tertarik. Dan benar saja, Tridoron akan menjadi ikonik setelah Drive tamat, seperti Rideronnya RX.

Mashin Chaser, villain yang seperti rider, tapi bukan rider. Konsepnya gahar abis, ditambah moge Rider Chaser dengan ciri khas tengkoraknya.

Ane suka bener konsep form Deat Heat. Shift Car dan Signal Bike yang disatukan dan membentuk form dengan base Drive dan Mach.

Konsep berkendara yang baik juga ditunjukkan dengan model ban Drive yang menyilang seperti seat belt, dan Mach dengan helm yang menyerupai helm motor.

Ane suka komedi yang dihadirkan disini. Terutama latah Letnan Gen yang salah melulu menyebut Roimundo, eh Roisurno, eh Roimulo, eh....

Masih banyak lagi sih, tapi umumnya inilah yang ane sukai.

Plus and Minus :

Cerita rider mainstream yang dikemas secara anti mainstream (+)
Cerita lama panas, terlalu datar pada awalnya (-)

Form nyeleneh, tapi lama-lama keren juga (+)
Rider tambahan yang sedikit, tapi tanpa form yang banyak (-)

Cerita sangat panas dipertengahan sampai menjelang akhir (+)
Cerita kurang panas pada akhirnya (-)

Movie Super Hero Taisen yang lebih baik dari sebelumnya (+)
Kebanyakan episode spesialnya _- (-)

Summary :

8/10

Layak tonton oleh penggemar Kamen Rider, terutama yang berpikiran out of the box :p


Segitu aja dah...

Ciao~

Note :Yep, selanjutnya adalah Ghost. Nonton sekilas episode pertama, bisa dibilang lumayanlah. sepertinya ane akan lanjut nonton.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment