Similarities - Yuki Gai vs Masato Kusaka

Yak, sejak postingan pertama tentang Similarities Shinkenger dan Ninninger, ada baiknya rubik ini kita hidupkan lagi.

Kali ini, ane akan bahas bukan seri, tapi karakter. Satu karakter sudah pernah hadir di postingan awal-awal blog ini. Dua karakter yang datang dari dunia berbeda, satu Super Sentai dan satu lagi Kamen Rider. Biarpun beda dunia, mereka punya banyak kesamaan. Apakah kesamaan itu? Nyok, terlusuri bareng-bareng!

Ini dia, Yuki Gai vs Masato Kusaka!

BADASS DUDES!
[Spoiler Alert untuk yang belom nonton Faiz dan Jetman (juga Gokaiger)!]




1. Badass Heroes!
A Super Sentai Hero smoke and drank and maybe get laid...
Yuki Gai ketika direkrut oleh Tendo Ryu (Red Hawk) untuk menjadi Jetman, mentah-mentah menolak. Bahkan ketika sudah dipaksa begitu keras, Gai tetap setengah-setengah untuk menjadi Jetman. Ditambah kelakukan kampretnya yang hobi mabok, judi, nyari perkara dimana-mana, dan ngejar-ngejar Kaori (White Swan), membuat dia layak mendapat julukan Badass. Tapi, kemudian menjadi seorang pahlawan yang gagah berani ketika berhasil mendapatkan Kaori (ya, gara-gara cewek memang :v) dan menemukan rivalnya, Grey. Ya, terutama ketika melawan Grey sendirian, dan dengan helm yang pecah (mengawali tradisi helm pecah yang dilanjutkan di seri rider :v) masih berhasil dengan epik menang melawannya. What a badass hero...


Mukanya saja sudah ngeselin
Masato Kusaka yang bergabung dengan Takumi dan kawan-kawan menjadi tokoh yang sangar dan licik. Tanpa ampun membasmi Orphenoch, sekalipun itu adalah si Takumi, yang ternyata adalah Orphenoch dan Faiz pada saat yang bersamaan. Yang sudah membasmi Orphenoch lebih dulu dari Kusaka dan mendeklarasikan dirinya berdiri di sisi manusia. Dan pada akhirnya, dia mati jadi pahlawan. Dimana badannya sudah tak bisa menahan efek samping dari Kaixa Gear, dia masih nekat melawan langsung 3 Orphenoch anggota Lucky Clover. Hasilnya? Kusaka mati tragis dikeroyok. Dan mati jadi pahlawan pada akhirnya.



2. Hate the Main Protagonist
Caption tertera
Seperti pembahasan diatas, Gai tidak suka dengan Ryu. Terutama dengan ngototnya Ryu untuk mengajak Gai masuk Jetman. Dan makin benci lagi ketika Kaori yang dia gebet, malah cintanya ke si Ryu. 

Baru jumpa, si Takumi udah ngajak ngadu anggar...
Sama seperti Gai, Kusaka juga tidak suka dengan Takumi sejak pertama kali bertemu. Dan makin tidak suka lagi ketika mengetahui identitas Takumi adalah Orphenoch, terlebih lagi ketika Mari menyadari bahwa Takumi ada di saat malam penyerangan di sekolah Ryusei.

Bedanya, Kusaka tetap gak akur dengan Takumi, Gai akur dengan Ryu. Malah ketika pernikahan Ryu dan Kaori, Gai malah dateng. Tapi... (jawabnya ntar di bawah :3)



3. Cinta Bertepuk Sebelah Tangan
....

Seperti pembahasan diatas juga, Gai berhasil dibujuk masuk Jetman juga karena ada dua cewek cantik di tim. Dan Gai jatuh cinta kepada yang satu, Kaori Rokumeikan. Dengan segala upaya dan usaha, pada awalnya mentah semua karena Kaori naksirnya sama Ryu (malangnya nasebmu om...). Tapi, pada pertengahan seri, setelah Kaori lelah karena gak bisa jadian dengan Ryu yang gak bisa move on dari ceweknya, dengan kecepatan penuh dan sekali salip, Kaori luluh dan jatuh ke pelukan Gai! Sialnya, Kaori malah balik suka kepada Ryu ketika akhir-akhir seri dan menikah di episode terakhir. Ngenes amat lu, Om Gai...


Rider Civil War
Kusaka juga mengalami cinta bertepuk-tepuk tangan. Kusaka menyukai Mari sejak SD di Ryusei. Tapi ketika bertemu kembali, dia cemburu melihat Takumi yang dekat dengan Mari. Karena itu, Kusaka sering memfitnah Takumi dan Kiba (Horse Orphenoch) agar membuat Takumi kehilangan aliansi dan bisa leluasa mendekati Mari. Yak, kampret emang...


4. Tragic Death
A guy not always dead with style
Masih seperti pembahasan diatas. Gai memang datang ke kawinan Ryu dan Kaori. Bukan untuk numpang makan dengan ngasih amplop kosong (ketauan amet, trik anak kos :v). Bukan juga ngerusuh karena enggak terima, seperti yang baru-baru ini. Tapi dia murni untuk memberi selamat, bahkan sampai repot-repot beli bunga buat mempelai. Tapi sial, ketika abis beli bunga dan sempat menghajar jambret, dia malah dibacok jambret tadi. Dengan luka tusuk, dia masih sanggung datang. Dan akhirnya lemas disamping Ryu dan meninggal. Tragis sih, cuman yang dibawah seratus kali lebih tragis. :v

Satu dari 2 kematian Kusaka
Kusaka lebih tragis lagi. 3 kali tampil secara fisik penuh, 3 kali juga dia "dimatikan". Di seri, dia dimatikan ketika gak sanggup melawan sekaligus Orphenoch Lucky Clover. Di pelem layar tancep, dia mati oleh Leo (Kamen Rider Psyga). Dan yang paling anyar, di pelem Heisei vs Showa, Kusaka juga mati, tapi kali ini karena Horse Orphenoch. Hettrik ya, tragis amet om...


5. Super Sentai's Anniversary Come Back
Cross Changer!
Toshihide Wakamatsu kembali lagi sebagai Gai  di episode 28 Gokaiger. Kembalinya dia juga mempertegas kalau dia memang mati di serinya. Uniknya, Gai muncul seperti hantu dan hanya Gai (Gokai Silver) juga yang gak bisa melihatnya. Mungkin karena Gai yang cuma manusia bumi.

Asshole as usual, eh?
Kusaka juga kembali di Zyuohger. Bedanya, Kohei Murakami tidak memerankan sosok rider 9-1-3 itu lagi. Tapi dapat peram sebagai Bird Zyuman, yang memberikan Yamato Rubik Raja yang membuatnya menjadi Zyuoh Eagle.

######

Yak, itu aja beberapa persamaan besar dari mereka berdua. Intinya mereka berdua sama-sama bangsat yang berhati mulia, jagoan bandal tapi tidak nakal!


Ada yang kelewatan, tamabahin di komen aja! Atau yang mau rikues, komen aja!

Sip, segini aja deh.

Jaa nee!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment